21 Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah – Sirih adalah salah satu tanaman asli dari Indonesia yang dapat tumbuh secara merambat pada media tertentu ataupun bersandar pada batang pohon lainnya. Sirih erat kaitannya dengan budaya dari masyarakat Indonesia yang biasanya digunakan untuk dikunyah bersama dengan pinang, tembakau, kapur, maupun gambir. Meskipun hal ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dulu, namun menurut penelitian mengunyah sirih dapat menimbulkan penyakit kanker mulut yang memicu pertumbuhan squamous cell carcinoma yang mempunyai sifat malignan. Bahkan kapur dalam kunyahan daun sirih tersebut dapat membuat pengerutan pada gusi dan membuat gigi menjadi tanggal meskipun daun sirihnya sendiri mengandung zat antiseptik yang dapat mencegah gigi berlubang.

Manfaat daun sirih merah lainnya adalah digunakan sebagai salah satu jenis tanaman obat atau fitofarmaka yang berperan dalam berbagai unsur kehidupan dan juga upacara adat dan keagamaan khususnya di wilayah Melayu. Sejatinya, daun sirih merupakan flora dari Propinsi Kepulauan Riau dimana didaerah asalnya, masih banyak menggunakan daun sirih sebagai salah satu bagian yang harus ada dalam upacara penyambutan tamu dan menjunjung tinggi budaya makan sirih. Meskipun begitu, tanaman sirih ini tetap dapat dengan mudah anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia sebagai tanaman hias. Daun sirih yang populer di kalangan warga masyarakat adalah jenis daun sirih merah dan daun sirih hijau.

Manfaat Daun Sirih Merah
Daun Sirih Merah

Ciri Ciri Sirih

Sirih adalah tanaman yang tumbuh merambat dengan ciri ciri fisik daun sirih merah dan manfaatnya meliputi :

  1. Daunnya panjang dengan ukuran sekitar 5 sampai 8 cm dan lebar 2 sampai 5 cm dengan bentuk jantung ujung yang runcing dan tumbuh berselang seling, mempunyai tangkai dan dapat mengeluarkan bau yang khas apabila diremas.
  2. Batang tanaman sirih berwarna coklat kehijauan dengan bentuk yang bulat, beruas ruas dan menjadi tempat bagi keluarnya akar tanaman.
  3. Bunga sirih merupakan bunga majemuk dengan bentuk bulir yang mempunyai daun pelindung berbentuk bulat dan panjang. Pada bulir jantan, terdapat dua benang sari yang pendek. Sedangkan pada bulir betina terdapat kepala putik sebanyak 3 sampai 5 buah dengan warna putih dan hijau kekuning kuningan.
  4. Buah sirih adalah buah buni dengan bentuk bulat dan warnanya hijau keabu abuan.
  5. Akar dari tanaman sirih adalah akar tunggang berbentuk bulat dan mempunyai warna dominan coklat kekuningan.

Kandungan Daun Sirih Merah

Sebelum membahas manfaat rebusan daun sirih merah, tentu saja anda perlu untuk mengetahui kandungan zat dan senyawa yang terdapat dalam daun sirih. Daun sirih pada dasarnya mengandung minyak atrisi yang terdiri atas komponen betie phenol, seskuiterpen, diatase, gula, kavikol yang berfungsi membunuh kuman, pati, anti oksidasi, dan fungisida yang berfungsi sebagai anti jamur dalam pemanfaatannya. Selain itu, dalam sebuah daun sirih merah, terkandung senyawa fitokimia berupa alkoloid, tanin, flavonoid, dan saponin. Hal ini diperkuat dalam isi buku A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic bahwa senyawa alkoloid dan senyawa flavonodi tersebut mempunyai aktivitas hipoglikemik atau berfungsi dalam menurunkan kadar gula dalam darah seseorang sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan penyakit diabetes.

Manfaat Daun Sirih Merah

Khasiat dan manfaat daun sirih ini seringkali digunakan untuk organ kewanitaan seperti mengatasi keputihan, kista, dan haid. Adapun manfaat lain untuk kesehatan seperti mengobati kolesterol, katarak, asam urat, ambien, lambung, asma, dan amandel.

BACA JUGA :   8 Khasiat Daun Sirsak Untuk Kesehatan Dan Cara Mengonsumsinya

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Mata

Manfaat daun sirih merah yang pertama adalah untuk mengobati iritasi dan sakit mata. Daun sirih mengandung semacam enzim rivoflavin yang berguna untuk kesehatan mata manusia. Maka dari itu, jika kebetulan anda sedang mengalami masalah iritasi pada mata, anda dapat menggunakan ramuan daun sirih untuk mengatasi dan mengobatinya. Manfaat daun sirih merah untuk mata tersebut dapat anda peroleh dengan cara (1) menyiapkan daun sirih yang berkualitas dan cuci hingga bersih, (2) rebus daun sirih hingga mendidih dalam satu gelas air, (3) tunggu sampai dingin dan gunakan air rebusan tersebut untuk mengompres mata anda yang terkena iritasi atau sedang sakit. Lakukan hal tersebut secara rutin guna memperoleh hasil yang maksimal sampai kondisi kesehatan mata anda kembali pulih.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kewanitaan

Sudah sejak lama manfaat daun sirih merah bagi wanita ini diketahui. Contohnya, orang jaman dulu seringkali menggunakan daun sirih merah ini untuk menginang atau menyirih. Sirih merupakan tanaman asli dari Indonesia yang tumbuhnya bersandar pada batang pohon lain atau merambat pada media tertentu. Jenis daun sirih baik itu merah maupun hijau menyimpan banyak sekali khasiat yang berguna bagi kesehatan tubuh seseorang, utamanya bagi organ kewanitaan.

Kandungan minyak atsiri dalam daun sirih yang mengandung betlephenol, chavicol, dan eugenol berguna untuk membunuh kuman, jamur, antiradang, dan juga antioksidasi yang dapat menimbulkan manfaat daun sirih merah untuk kewanitaan seperti mengatasi bau badan, mengatasi bau mulut dan mengobati gatal gatal yang terjadi pada organ intim kewanitaan. Untuk mengatasi bau tidak sedap pada organ intim, anda dapat mengolah daun sirih menjadi air rebusan yang diminum secara rutin sampai organ kewanitaan anda menjadi lebih harum. Selain itu, terdapat pula manfaat daun sirih merah untuk keputihan yang diperoleh dengan cara membuat ramuan rebusan daun sirih lalu dioleskan pada bagian sekitar organ kewanitan anda saat mandi pagi dan sore hari.

Manfaat daun sirih lainnya bagi wanita adalah untuk mencegah keluarnya darah haid yang terlalu banyak dan mengobati gatal pada organ intim kewanitaan. Manfaat tersebut dapat anda peroleh dengan membuat ramuan dari daun sirih yang digunakan untuk diminum secara rutin dan digunakan untuk mencuci dan membasuh bagian organ intim kewanitaan anda secara rutin selama beberapa waktu hingga rasa gatal yang menggangu tersebut menjadi hilang tidak berbekas sama sekali.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kecantikan

Selanjutnya terdapat manfaat daun sirih merah untuk kecantikan khususnya kecantikan wajah anda. Manfaat daun sirih merah untuk wajah diantaranya adalah digunakan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, mengatasi kulit berminyak, mencerahkan kulit wajah yang terlihat kusam, serta menghaluskan kulit wajah yang terlihat kasar. Semua manfaat tersebut dapat anda peroleh dengan mudah dan maksimal dengan menjadikan daun sirih sebagai bahan membuat masker dan digunakan secara rutin.

Manfaat Daun Sirih Merah untuk Kesehatan

Berikutnya, masih terdapat bahasan tentang manfaat daun sirih merah untuk kesehatan yang sangat perlu anda ketahui. Daun sirih mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh dalam mengatasi berbagai macam penyakit, diantaranya adalah :

  • Mengobati alergi dan gatal
BACA JUGA :   Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak Untuk Kista

Manfaat daun sirih merah untuk gatal didapat dengan menumbuk daun sirih, jahe kuning dan minyak kayu putih secara bersamaan. Hasil tumbukan tersebut dioleskan pada bagian badan yang gatal disebabkan karena alergi ataupun biduran.

  • Mengobati diare

Mengoleskan tumbukan daun sirih, biji lada, dan minyak kelapa pada bagian perut sampai mengering juga dapat digunakan untuk mengatasi diare yang membuat tubuh menjadi lemas tidak berdaya.

  • Mengobati mimisan

Satu lembar daun sirih kemudian digulung dan masukkan ke dalam hidung adalah salah satu cara untuk menyumbat aliran darah mimisan yang keluar dari hidung.

  • Mengobati penyakit jantung

Manfaat ini dapat diperoleh dengan cara membuat air rebusan daun sirih yang diminum sebanyak 2 kali dalam satu hari secara teratur.

  • Mengobati bronkitis

Ramuan rebusan daun sirih ditambah dengan potongan gula batu dipercaya dapat menyembuhkan penyakit bronkitis. Selain itu terdapat pula manfaat daun sirih merah untuk amandel yang diperoleh dengan meminum ramuan rebusan daun sirih tersebut secara teratur pula.

Masih ada manfaat lain dari daun sirih diantaranya adalah manfaat daun sirih merah untuk diabetes, manfaat daun sirih merah untuk kolesterol, manfaat daun sirih merah untuk asam urat, manfaat daun sirih merah untuk ambeien, serta manfaat daun sirih merah untuk asam lambung yang bisa anda peroleh dengan cara membuat ramuan dari rebusan daun sirih merah yang kemudian dikonsumsi secara teratur di pagi dan sore hari.

Efek Samping Daun Sirih

Telah banyak diulas dalam paragraf sebelumnya bahwa manfaat daun sirih merah adalah untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang umum diderita oleh seseorang serta dapat juga berperan dalam bidang kecantikan dan bidang kewanitaan. Meskipun terdapat banyak sekali manfaat dari daun sirih merah, akan tetapi konsumsi dan penggunaan daun sirih merah yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi tubuh. adapun efek samping dari konsumsi daun sirih merah ini adalah :

  • Membunuh bakteri baik yang ada dalam tubuh

Ramuan daun sirih yang dikonsumsi secara teratur ternyata kurang baik bagi kesehatan. Kandungan antiseptik dan antibiotik yang dikandung oleh daun sirih merah cukup kuat sehingga membuat bakteri baik dalam organ pencernaan seseorang menjadi terbunuh.

  • Menyebabkan iritasi pada daerah kewanitaan

Meskipun daun sirih dipercaya dapat merawat organ kewanitaan, namun penggunaannya yang dilakukan setiap hari dan dalam jumlah yang berlebihan dapat menyebabkan bagian kewanitaan anda menjadi kering dan menjadi mudah terkena iritasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *