16 Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil, Kecantikan dan Kesehatan

Apa manfaat buah pepaya? Mungkin itu salah satu pertanyaan yang pernah terlintas dalam benak anda. Pepaya atau betik merupakan salah satu tumbuhan yang berasal dari wilayah Meksiko. Buah pepaya ini sekarang sudah banyak ditanam dan dibudidayakan oleh orang-orang di seluruh dunia khususnya di daerah tropis. Buah pepaya termasuk dalam genus carica. Untuk nama pepaya sendiri berasal dari bahasa Belanda papaja. Selain itu nama pepaya juga diambil dari bahasa Arawah papaya. Oleh masyarakat Jawa, buah ini disebut sebagai kates atau gedang dalam bahasa Sunda.

Terdapat banyak sekali manfaat makan buah pepaya sebelum tidur yang dapat anda maksimalkan penggunaannya. Baik itu diolah menjadi jus buah pepaya maupun dimakan langsung begitu saja setelah dikupas kulitnya. Terdapat berbagai macam jenis buah pepaya yang ada di belahan dunia, yaitu pepaya jantan, pepaya betina, dan pepaya sempurna yang masing masing mempunyai ciri khas sendiri sendiri.

Pepaya jantan mempunyai bunga majemuk yang tangkainya panjang dan bercabang. Ciri cirinya adalah bakal buahnya tidak mempunyai kepala dengan benang sari yang tersusun dengan sempurna. Pepaya betina mempunyai bunga majemuk yang dalam satu tangkainya mempunyai beberapa bunga. Tangkai bunga dari pepaya betina ini sangatlah pendek dengan bunga yang akan menjadi buah. Pepaya betina mempunyai buah sempurna namun tidak mempunyai benang sari. Sedangkan pepaya sempurna mempunyai bunga sempurna yang tersusun atas bakal buah dan juga benang sari yang dapat melakukan proses penyerbukan sendiri. Pepaya sempurna ini pun terbagi lagi menjai 3 jenis yang juga mempunyai ciri khas berbeda satu dengan yang lainnya.

Sebelum menguraikan lebih lanjut tentang beberapa manfaat buah pepaya bagi tubuh dan kesehatan, akan kami berikan sedikit ulasan tentang ciri ciri pohon pepaya, kandungan gizi dan zat pada buah pepaya, berikut olahan pepaya dan juga efek samping dari mengkonsumi buah pepaya yang berlebihan. Guna mempersingkat waktu, langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Manfaat Buah Pepaya
Buah Pepaya

Ciri Ciri Pohon Buah Pepaya

Sebelum membahas tentang manfaat buah pepaya muda dan manfaat buah pepaya california, ada baiknya anda menyimak ulasan tentang ciri ciri dari pohon buah pepaya berikut. Batang pohon pepaya bentuknya bulat dan silindris, terkadang ada pula pohon yang mempunyai cabang dan berongga. Batang pohon pepaya tidaklah berkayu dengan warna dominan putih sedikit kehijauan. Untuk daun pepaya bentuknya lebar dan berbentuk jari jari. Daunnya saling berjejal di ujung batang dan ujung tangkai daunnya yang mirip dengan pipa. Bunga pepaya berkelamin satu dan berumah dua. Bunga jantan bertangkai panjang dan kelopaknya kecil, sedangkan bunga betina berdiri sendiri berwarna putih agak kekuningan. Untuk buah pepaya, merupakan buah buni yang bentuknya bulat memanjang. Biji dari buah pepaya kecil dan berwarna hitam yang dibungkus dengan selaput berisikan cairan.

Kandungan Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya diperoleh berkat banyaknya kandungan zat dan gizi serta nutrisi yang ada dalam buah pepaya. Kandungan dan manfaat buah pepaya terdiri dari enzim papain, alkaloid, karpaina, psudo karpaina, karposid, glikosid, beta karotene, saponin, pectin, d galaktosa, I arabinosa, papayotimin papain, glucoside ccacirin, vitokinose, karpain, kemokapain, lipase, glutamin, siklotransferase, dan lisosim. Buah pepaya pun banyak mengandung lemak dan juga zero kolesterol. Buah pepaya juga mengandung berbagai macam zat gizi lainnya seperti karbohidrat dan juga serat yang dapat memenuhi kebutuhan zat dan serat tubuh setiap harinya. Buah ini pun mengandung berbagai macam vitamin khususnya vitamin B kompleks seperti halnya niacin, folat, pyridixine, riboflavin, dan juga thiamin. Vitamin lain yang juga penting bagi tubuh manusia adalah vitamin A, vitamin C, dan juga vitamin E serta vitamin K. Selain itu, terdapat pula kandungan elektrolit dalam jumlah yang banyak berupa kaliym dan kandungan mineral lainnya seperti zat besi, magnesium, fosfor, zinc, dan juga kalsium. Beberapa fitonutrisi penting yang dikandung dalam buah pepaya adalah beta crypto xanthin, lutein zeaxanthin, dan juga beta karoten.

BACA JUGA :   11 Manfaat Daun Pace untuk Kesehatan dan Burung

Olahan Buah Pepaya

Untuk dapat memperoleh manfaat buah pepaya matang, anda perlu mengolah buah pepaya terlebih dulu. Meskipun buah ini dapat langsung dimakan setelah dikupas kulitnya, akan tetapi banyak juga orang yang memilih untuk mengolah buah pepaya ini. Buah pepaya ini dapat diolah menjadi jus pepaya. Atau juga dapat diolah menjadi salah satu bahan makanan yang disayur atau dijadikan rujak dengan dicampur sambal. Banyak orang yang memfavoritkan buah pepaya ini untuk dikonsumsi karena rasanya manis dan dapat mengenyangkan. Selain itu, buah ini juga sangat berkhasiat dalam memperlancar sistem pencernaan anda.

Manfaat Buah Pepaya

Setelah kemarin mengetahui manfaat daun pepaya, sekarang kita mengulas lengkap manfaat buah pepaya. Khasiat dan manfaat buah pepaya atau kates ini seringkali digunakan untuk ibu hamil, menyusui, kecantikan wajah dan kesehatan. Obat dari berbagai macam penyakit seperti pencernaan, ambeien, amandel, diabetes, kolesterol dan masih banyak lagi. Selain itu, buah pepaya juga dijadikan makanan lovebird, kacer dan pleci.

Manfaat Buah Pepaya untuk Ibu Hamil

Manfaat pertama yang akan dibahas dari buah pepaya adalah manfaat buah pepaya untuk ibu hamil. Buah pepaya yang terbukti dapat memperlancar pencernaan tentu saja dibutuhkan oleh tubuh ibu hamil. Selain itu, buah pepaya juga dapat membantu membentuk organ penglihatan pada janin sang bayi karena banyaknya kandungan vitamin A dalam buah pepaya. Hal ini tentu saja dapat membantu calon jabang bayi yang dikandung sang ibu memiliki penglihatan yang sehat. Manfaat buah pepaya untuk ibu menyusui lainnya adalah mencegah dehidrasi, menjaga kondisi kesehatan ibu hamil, menjaga tekanan darah dari sang ibu, dan juga meningkatkan sistem imun tubuh agar lebih mudah dalam menjaga janinnya dalam keadaan sehat. Buah pepaya pun mempunyai kandungan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh sang ibu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin menyerang.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kecantikan

Selanjutnya terdapat beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan yang dapat anda maksimalkan. Secara lengkap, buah pepaya ini bermanfaat dalam melembutkan kulit wajah, mencegah penuaan dini, menghilangkan bekas jerawat, serta memutihkan kulit wajah anda. Manfaat buah pepaya untuk wajah ini bisa anda peroleh dengan cara membuat masker yang dibuat dari buah pepaya. Kandugan enzim dalam buah pepaya yang cukup banyak bisa membantu anda dalam menambah kesegaran dan kesehatan kulit. Manfaat buah pepaya untuk kulit ini tentu saja bisa anda manfaatkan dengan baik sebagai salah satu cara dalam menjaga kesehatan kulit wajah dan tidak lagi menghambur hamburkan uang untuk membayar dokter di klinik kecantikan. Apabila memang kulit anda sensitif setelah memakai rangkaian perawatan wajah dari buah pepaya ini, ada baiknya anda langsung berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, masih ada juga manfaat buah pepaya untuk rambut dimana ekstrak buah pepaya ini banyak digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat kosmetik atau shampoo khusus wanita. Berbagai macam kandungan zat dan nutrisi dalam buah pepaya tentu saja mempunyai dampak positif bagi kesehatan dan kemilau rambut anda. Maka dari itu, tidak hanya kulit muka saja yang dapat dirawat menggunakan buah pepaya, rambut anda pun dapat dirawat dengan ekstrak buah pepaya agar tampak lebih sehat dan berkilauan sehingga menjadi pusat perhatian bagi sebagian orang.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Setelah membahas manfaat buah pepaya untuk ibu hamil dan kecantikan diatas, tibalah saatnya kita membahas tentang manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Buah pepaya mengandung banyak sekali zat yang berguna dan penting bagi tubuh. Zat yang dikandung dalam buah pepaya ini mayoritas diperlukan oleh tubuh manusia. Selain terdapat manfaat buah pepaya untuk diet yang dapat anda maksimalkan khasiatnya, ternyata masih ada banyak sekali khasiat dari buah pepaya yang berkaitan dengan bidang kesehatan tubuh, diantaranya adalah :

  • Mengobati kulit yang melepuh
BACA JUGA :   7+ Manfaat Buah Anggur Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pepaya dipercaya dapat menyembuhkan luka pada kulit yang melepuh. Untuk dapat memperoleh manfaat ini, anda dapat menoreh kulit dari buah pepaya dan menampuh getahnya. Setelah itu oleskan getah yang telah tertampung tadi pada bagian yang melepuh dan diamkan semalaman. Apabila bagian yang melepuh semakin meluas, maka gunakan parutan buah pepaya untuk ditempel pada kulit yang melepuh tadi.

  • Mengobati malaria dan demam

Manfaat buah pepaya untuk anak yang satu ini dapat diperoleh dengan cara menumbuk daun pepaya muda dan ditambah air secukupnya. Setelah itu tambahkan garam dan saring. Minumlah secara rutin selama 5 hari berturut turut hingga sakit malaria dan demam sembuh.

  • Meminimalisir dampak bisa ular

Manfaat buah pepaya untuk pria dan wanita ini tentu saja diperoleh berkat akar pepaya yang sangat berkhasiat. Tumbuk akar dari pepaya tersebut sampai halus kemudian balurkan pada bagian tubuh yang terkena bisa ular sampai kering. Gantilah balutan tersebut selama dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

  • Mengobati sembelit

Untuk dapat mengobati sembelit, anda dapat mengkonsumsi buah pepaya secara langsung sebanyak 3 kali dalam sehari.

  • Mengobati maag dan sariawan

Begitu juga untuk mengobati sariawan dan maag, anda dapat mengkonsumsi buah ini sebanyak 3 kali dalam sehari agar maag dan sariawan anda dapat sembuh.

  • Mencegah hipertensi

Untuk mendapatkan manfaat ini, anda dapat memarut pepaya yang masih muda dan meminum airnya selama 2 kali dalam sehari. Gunakan larutan tersebut untuk konsumsi selama tiga hari berturut turut agar tekanan darah anda dapat cepat turun.

  • Melancarkan air susu ibu

Selanjutnya, terdapat pula manfaat buah pepaya untuk payudara dengan cara melayukan daun pepaya diatas api yang hangat. Setelah daun dirasa cukup hangat, tempelkan pada sekeliling payudara anda agar air susu ibu anda dapat lancar.

  • Mengobati sakit gigi

Manfaat buah pepaya yang terakhir adalah mengobati sakit gigi dengan menggunaan getah pepaya muda yang diteteskan langsung pada gigi yang sakit dengan kapas.

Efek Samping Buah Pepaya

Walaupun ada banyak sekali manfaat buah pepaya bagi tubuh manusia, akan tetapi kita tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi buah pepaya ini. Apalagi jika anda mengkonsumsi buah pepaya dalam dosis yang tidak wajar. Buah pepaya jika dikonsumsi secara berlebihan tetap akan menimbulkan beberapa efek samping yang berdampak negatif bagi tubuh. Beberapa efek samping dari buah pepaya adalah mengubah warna kulit menjadi lebih kuning dari sebelumnya karena adanya kandungan beta karoten didalamnya, menggangu sistem pernapasan anda berkat enzim papain, dan dapat membentuk batu ginjal. Meskipun pepaya juga mengandung serat yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatasi sembelit, namun buah ini jika dikonsumsi terlalu banyak malah akan menimbulkan gangguan lain pada perut karena enzim papain yang dikandungnya. Masalah yang ditimbulkan dari konsumsi buah pepaya yang satu ini berkaitan pula dengan sistem pencernaan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *