11 Manfaat Daun Pace untuk Kesehatan dan Burung

Manfaat Daun Pace – Mengkudu atau Morinda citrifolia ataupun disebut juga sebagai pace adalah buah yang berasal dari daerah Asia Tenggara yang masuk dalam famili Rubiaceae. Secara tradisional, di Indonesia sendiri khususnya masyarakat Aceh, buah megkudu dijadikan sebagai sayur dan juga rujak dimana daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang selalu muncul dalam menu wajib berbuka puasa.

Manfaat daun pace adalah untuk dijadikan bahan makanan ataupun diolah menjadi sebuah bahan pembuatan obat herbal. Dalam artikel ini, akan diuraikan mengenai ciri-ciri, kandungan, cara mengolah, apa manfaat daun pace, serta efek samping konsumsi daun pace yang tentunya sangat bermanfaat bagi anda para pecinta tanaman dan obat-obatan herbal.

Manfaat Daun Pace untuk Kesehatan
Daun Pace Atau Mengkudu

Ciri Ciri Pohon Pace

Manfaat daun pace atau mengkudu sudah tidak diragukan lagi karena sejak dulu sudah dipercaya menjadi salah satu bahan pengobatan untuk penyakit-penyakit tertentu. Bahkan tidak hanya manusia saja yang memanfaatkan khasiat pace, ada beberapa jenis burung juga yang menggunakan khasiat dari pohon pace. Ciri-ciri umum dari pohon mengkudu atau pohon pace adalah :

  1. Pohonnya tidak begitu besar dengan tinggi rata-rata antara 4 sampai 6 meter. Batangnya bengkok, berdahan kaku, kasar, dan berakar tunggang. Kulit batangnya berwarna coklat keabu-abuan atau coklat kekuning-kuningan.
  2. Daun pace tebal dan mengkilap. Susunan daunnya berhadap-hadapan dengan ukuran daun yang besar, tebal, dan tunggal.
  3. Bunga pace tersusun majemuk bertangkai 1 sampai 4 cm yang tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh dengan normal. Benang sarinya tertancap dalam mulut mahkota dan kepala putiknya berputing dua. Bunganya berwarna putih dan mempunyai bau harum yang khas.
  4. Buah pace terbentuk dari bakal buah yang menyatu dan menjadi bonggol di bagian dalamnya. Buah pace berwarna hijau ketika belum matang dan berubah menjadi putih kekuningan atau putih pucat ketika masak.

Kandungan Daun Pace

Manfaat daun pace atau mengkudu diperoleh berkat adanya kandungan zat dan senyawa dari bagian bagian pohon pace. Adapun kandungan zat dari pace diantaranya adalah :

  1. Nutrisi. Berbagai jenis senyawa nutrisi yang terkandung dalam pace adalah xeronin, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, trace elemens, phenylanine, magnesium, vitamin A, beta karoten, zat kapur, protein, serat kasar, dan masih banyak lagi.
  2. Terpenoid yang dapat membantu proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel dalam tubuh.
  3. Zat anti bakteri yang dapat menghalau berbagai jenis bakteri seperti Pseudomonas aeruginosa, Protens morganii, E. Coli, dan beberapa bakteri mematikan lainnya.
  4. Scolopetin yang efektif sebagai unsur anti peradangan dan anti alergi.
  5. Zat anti kanker yang dapat melawan sel-sel penyebab kanker ataupun sel-sel abnormal lainnya.
  6. Xeronine dan proxeronin yang merupakan jenis senyawa alkaloid yang dapat mengaktifkan protein-protein yang kurang aktif serta mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.
BACA JUGA :   Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Kanker Yang Paling Mujarab Dan Paling Efektif

Cara Mengolah Daun Pace

Guna memperoleh manfaat daun pace, biasanya orang akan mengolah bagian pohon pace ini, baik daun maupun buahnya menjadi suatu olahan tertentu sebelum mengkonsumsinya. Kebanyakan, olahan pace hanya sebatas air rebusan daun pace, jus buah pace, ataupun daun panggang pace atau tumbukan daun pace yang digunakan untuk memperoleh manfaat tertentu. Untuk mengatasi sakit perut dan meringankan penyakit ambeien, biasanya daun pace direbus kemudian diminum. Untuk melangsingkan tubuh biasanya rebusan daun pace akan dicampur dengan madu. Lalu, untuk mengobati pegal linu biasanya daun pace akan dipanggang diatas api kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang terkena pegal linu. Sedangkan untuk mengatasi masalah jerawat, daun pace akan ditumbuk halus dan dicampur beberapa bahan tertentu lalu digunakan sebagai obat jerawat.

Manfaat Daun Pace

Khasiat dan manfaat daun pace ini bisa untuk mengobati penyakit seperti ambien, diabetes, darah tinggi atau hipertensi, dan ginjal. Adapun manfaat pace untuk kecantikan ini bisa untuk menghilangkan jerawat. Bukan hanya untuk manusia saja, tapi daun pace juga sering digunakan untuk burung lovebird, pleci, kenari dan labet.

Manfaat Daun Pace untuk Burung Kenari

Ada satu manfaat unik yang dimiliki daun pace. Daun pace ini mengandung beberapa zat yang terbukti baik dikonsumsi oleh hewan peliharaan anda, khususnya burung. Beberapa manfaat daun pace untuk kenari dan jenis burung lainnya adalah :

  • Membuat kicau semakin merdu

Tidak hanya bagi manusia, manfaat daun pace buat kenari yang satu ini dihasilkan dari kandungan nutrisi dari daun mengkudu yang berguna untuk menambah kemerduan suara dan kicau dari burung ini.

  • Mengobati suara serak

Manfaat daun pace untuk lovebird diperoleh dari kandungan zat yang ada dalam pace sekaligus dapat mengatasi infeksi yang ada pada tenggorokan burung anda.

  • Melancarkan pencernaan

Manfaat daun pace untuk burung yang satu ini juga berkhasiat untuk mencegah burung dari obesitas atau kegemukan yang dapat menurunkan performanya.

  • Mengobati alergi

Manfaat daun pace untuk ayam bangkok selanjutnya didapat dari kandungan zat anti alergi dalam mengkudu. Bukan hanya ayam bangkok saja, manfaat ini dapat digunakan oleh beberapa jenis burung lainnya.

BACA JUGA :   20 Manfaat Buah Bit untuk Ibu Hamil, Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat Daun Pace untuk Kesehatan

Buah dan daun pace juga dipercaya dapat menyembuhkan dan mengatasi berbagai macam penyakit umum yang diderita seseorang. Beberapa manfaat daun pace untuk kesehatan diantaranya adalah digunakan untuk mengatasi kanker, memperlancar peredaran darah, mengatasi arteriosklerosis, mengobati ambeien, melancarkan haid, dan mencegah hipertensi. Selain itu, masih ada manfaat daun pace untuk anak dimana pace dipercaya bagus untuk pencernaan. Manfaat ini didapat dari kandungan senyawa dalam daun pace yang dapat menstimulasi serotonin dalam otak sehingga berperan dalam mengontrol laju makanan dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.

Efek Samping Daun Pace

Telah diuraikan sebelumnya bahwa salah satu manfaat daun pace adalah dapat digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit yang umumnya diderita oleh seseorang. Meskipun terdapat beberapa manfaat daun pace atau mengkudu untuk kesehatan, baik itu kesehatan manusia maupun burung peliharaan anda. Namun, tahukah anda bahwa tanaman ini akan menimbulkan efek samping juga bagi tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan tidak sesuai aturan? Rasa pahit dari mengkudu dan bentuknya yang kurang menarik ini tentunya menjadi salah satu ganjalan bagi orang yang akan mengkonsumsi mengkudu. Adapun efek samping konsumsi daun pace yang berlebihan, diantaranya adalah :

  1. Menimbulkan rasa yang pahit.
  2. Berisiko membunuh janin karena adanya zat pahit yang berbahaya tersebut.
  3. Tidak baik dikonsumsi saat menyusui karena adanya zat yang cukup aktif yang dapat mempengaruhi kondisi ASI.
  4. Berisiko terkenal masalah ginjal karena mempunyai kadar kalium yang tinggi.
  5. Berisiko menderita penyakit hati karena ada beberapa kandungannya yang tidak bersahabat dengan organ dalam manusia tersebut.
  6. Menyebabkan darah tinggi.
  7. Menimbulkan bau yang tidak sedap, dan
  8. Membuat mual karena bau dan rasa yang tidak enak dari pace bagi sebagian orang.

Agar memperoleh manfaat daun pace secara maksimal dan terhindari dari kemungkinan munculnya efek samping tersebut, sebaiknya anda berkonsultasi pada ahli gizi ataupun dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi tanaman pace ini demi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *