Jenis-Jenis Cara Mengolah Daun Sirsak Yang Perlu Diketahui

Buah sirsak merupakan buah yang nikmat rasanya, tapi kenikmatannya tidak hanya bisa diperoleh dari rasanya saja. Daun sirsak juga memiliki banyak manfaat jika kita tahu cara memasak dan cara mengolah daun sirsak dengan benar. Ya kenikmatan yang ditawarkan oleh daun sirsak memang tidak seperti buahnya yang bisa dirasakan.

Untuk daun sirsak, kenikmatan yang bisa diperoleh adalah manfaat kesehatan untuk tubuh kita jika diolah dengan baik dan benar. Lalu bagaimana cara mengolah daun sirsak dengan baik dan benar? Berikut ini adalah beberapa cara pengolahan daun sirsak yang benar untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal darinya.

Jenis-Jenis Cara Mengolah Daun Sirsak
Cara Mengolah Daun Sirsak

Baca juga: Apa Khasiat Daun Sirsak? Betulkah Dapat Mengobati Kanker dan Penyakit Kronis Lainnya?

Tips Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Pengobatan

Berikut ini beberapa cara pengolahan daun sirsak sehingga nantinya siap untuk dikonsumsi sebagai ramuan herbal tradisional.

Cara direbus

Perebusan merupakan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan manfaat dari daun sirsak. Dari rebusan daun sirsak ini yang akan dimanfaatkan adalah hasil air rebusan yang dihasilkannya. Akan tetapi untuk merebus daun sirsak ada juga beberapa hal yang harus anda perhatikan. Anda tidak hanya harus memasukkan daun rebusan tapi juga perhatikan komposisi antara daun sirsak dan juga jumlah air yang akan anda masukkan. Hal ini merupakan hal yang perlu diperhatikan karena komposisi yang tepat akan membuat hasil rebusan menjadi lebih bermanfaat. Lalu bagaimana cara dan juga komposisi rebusan daun sirsak yang benar?

Untuk merebus daun sirsak, komposisi yang digunakan adalah dengan membandingkan daun sirsak antara 1 : 60 atau 1 : 40. Untuk daun sirsak yang kecil, anda bisa merebus 15 lembar daun untuk setiap 600 ml air sedangkan jika daun sirsak yang anda gunakan besar, maka anda bisa menggunakan sekitar 10 daun saja untuk setiap 600 ml air.  Sebelum merebusnya sebaiknya anda cuci terlebih dahulu daun sirsak hingga bersih karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya cara mengolah daun sirsak ini akan menghasilkan air rebusan untuk diminum. Ketika anda merebus lakukan perebusan dengan api yang kcil. Setelah itu masak hingga air tinggal 1 gelas saja lalu konsumsi.

Cara Dikeringkan

Satu lagi cara cara mengolah daun sirsak yang biasa digunakan untuk menghasilkan obat-obatan dari daun sirsak. Cara tersebut adalah dengan cara mengeringkannya. Daun sirsak merupakan daun yang memiliki banyak manfaat sehingga pengolahannya bisa dilakukan dengan banyak cara tergantung jenis pengobatan yang ingin dilakukan. Cara mengeringkan ini merupakan cara yang tidak banyak digunakan karena ada anggapan bahwa dengan mengeringkan daun sirsak akan menyebabkan senyawa yang ada di dalam daun sirsak akan berkurang. Padahal meski dikeringkan senyawa yang penting di dalam daun sirsak tidak akan menghilang jika proses pengeringannya benar. Dalam proses pengeringan, senyawa penting dalam daun sirsak yang bermanfaat untuk menyembuhkan tidak akan hilang atau rusak yang menghilang dari proses tersebut hanyalah kadar air yang di kandung oleh daun. Akan tetapi mengeringkan ini memang tidak boleh dilakukan secara langsung. Karena pengeringan dengan paparan sinar matahari secara langsung dapat bersifat merusak. Jika anda ingin menggunakan daun sirsak yang kering untuk pengobatan, maka sebaiknya tutup daun sirsak dengan menggunakan kain hitam pada saat melakukan pengeringan.

Cara dihaluskan

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengolah daun sirsak adalah dengan cara ditumbuk. Untuk cara rebus dan juga dikeringkan merupakan cara-cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan daun kering guna mengobati penyakit dalam. Jika anda ingin menggunakan daun sirsak untuk mengobati penyakit luar, maka salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menghaluskan daun sirsak tersebut. Daun sirsak yang dihaluskan sangat cocok untuk mengobati penyakit-penyakit kulit. Untuk anda yang ingin menghaluskan daun sirsak ambil 3 hingga 5 lembar daun sirsak kemudian bersihkan. Setelah itu rendam dengan menggunakan air sebanyak 50 cc agar daun lebih mudah untuk dihancurkan setelah itu tumbuk dengan menggunakan tangan atau gunakan blender untuk menghancurkan daun sirsak. Setelah dihasilkan tumbukan, maka segera balurkan ramuan ini pada kulit yang mengalami masalah. Diamkan hingga kering lalu ulangi kegiatan ini hingga ramuan daun sirsak yang anda buat habis. Cara ini merupakan cara mengolah daun sirsak yang paling mudah dan juga paling praktis untuk dilakukan bukan?

Nah itulah 3 cara mengolah daun sirsak yang perlu diketahui. Tergantung apakah untuk pemakaian luar atau untuk diminum. Semoga bermanfaat …

Artikel Manfaat Khasiat ini dikenal, sbb :

cara mengolah daun sirsak kering agar bermanfaat -

Tinggalkan Balasan