Ini Loh Efek Samping Bawang Putih Disamping Khasiatnya!

Efek Samping Bawang Putih – Semua orang pasti mengenal dan pernah memakan bawang putih bukan? Tanaman jenis umbi – umbian berwarna putih ini termasuk salah satu jenis bahan yang paling sering digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam meramu bumbu masakan atau makanan.

Bawang putih ini mempunyai struktur yang memang terdiri dalam beberapa bagian atau siung di dalam setiap satu umbi. Berbeda dengan sepupunya, yaitu bawang merah, bawang putih tidak punya struktur dalam yang berlapis. Bawang putih dapat kita temukan dengan sangat mudah di pasar tradisional di seluruh pelosok nusantara, dengan ragam jenisnya yang beragam pula, dimulai dari jenis bawang putih yang biasa, hingga bawang putih jenis yang organik.

Selain kegunaan bawang putih sebagai bumbu masak, terdapat juga aneka manfaat kesehatan dari bawang putih dan bahkan seringkali digunakan sebagai ramuan obat tradisional. Namun mungkin Anda bertanya, apakah ada bahaya mengkonsumsi terlalu banyak bawang putih? Namun sebelum membahas efek samping bawang putih, sebaiknya Anda kenali dulu beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan.

Efek Samping Bawang Putih
Efek Samping Bawang Putih

Baca juga: Manfaat Sayur Pare

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih

Berikut ini adalah beberapa manfaat kesehatan dari bawang putih yang perlu diketahui, yaitu:

  • Mengobati jerawat pada wajah

Gosokkan bawang putih yang masih mentah di bagian wajah yang sedang terkena jerawat, atau anda bisa melakukan terapi rutin yaitu dengan cara mengompres bawang putih itu di bagian wajah anda yang berjerawat.

  • Mengobati luka pada kulit

Bawang putih juga mampu membantu anda dalam proses mengobati dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang terluka, terutama luka di bagian luar  karena terjatuh atau tergores pisau misalnya.

  • Sebagai anti bakteri

Selain bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat, bawang putih juga punya manfaat dalam membantu proses pembersihan luka dan mencegah terjadinya infeksi. Hal ini disebabkan karena bawang putih punya kandungan anti bakteri di dalamnya, sehingga dapat membantu membunuh  bakteri jahat dan kuman-kuman yang nakal.

  • Menambah cita rasa pada masakan

Semua orang pastinya sudah tahu, bahwa manfaat bawang putih paling utama adalah sebagai salah satu jenis bumbu masakan yang bisa menambah cita rasa sedap serta nikmat pada makanan atau masakan anda.

  • Punya kandungan antioksidan

Zat antioksidan pada bawang putih bisa mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh anda, dan bisa untuk menambah sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari penyakit. Dalam dunia kecantikan, antioksidan juga bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan pada tubuh.

  • Kaya akan vitamin

Kandungan vitamin pada bawang putih ternyata juga banyak dan sangat baik dalam membantu meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh tercinta anda.

Baca juga: Manfaat Buah Jambu Biji Merah

Kemungkinan Efek Samping Bawang Putih

Namun ternyata bawang putih juga bisa menyebabkan atau menimbulkan sedikit efek samping bagi anda yang mengonsumsi secara berlebihan, seperti di antaranya adalah :

Reaksi alergi

Efek samping dari bawang putih yang paling umum adalah reaksi alergi, khususnya bagi orang yang memang memiliki alergi terhadap bawang putih. Sama halnya seperti reaksi alergi lainnya, reaksi alergi dari bawang putih disebabkan karena adanya kesalahan identifikasi pada sistem kekebalan tubuh seseorang pada bawang putih. Hal semacam inilah yang akan menyebabkan timbulnya reaksi alergi pada seseorang. Adapun reaksi alergi dari  bawang putih memiliki gejala seperti berikut ini :

  • Timbulnya ruam pada kulit
  • Munculnya rasa mual dan rasa ingin muntah
  • Timbulnya banyak kulit yang mengelupas
  • Munculnya demam ringan
  • Timbulnya sakit kepala ringan
  • Timbulnya rasa sesak nafas

Adanya gangguan pada pencernaan

Bawang putih ternyata juga bisa memicu munculnya gangguan pada sistem pencernaan. Gangguan pada pencernaan ini bisa terjadi jika anda terlalu banyak makan bawang putih, terutama bawang putih yang masih mentah atau belum dimasak. Hal ini bisa menyebabkan perut anda menjadi mual dan bisa menyebabkan diare. Selain itu, konsumsi bawang putih mentah dalam jumlah berlebihan juga bisa meningkatkan jumlah produksi asam lambung, sehingga membuat perut anda mual.

Menyebabkan pendarahan yang berlebihan

Salah satu larangan atau anjuran dari dokter sebelum seseorang menjalani operasi adalah untuk jangan makan bawang putih sama sekali. Hal ini bukan karena tanpa alasan, ini dikarenakan bawang putih memang punya kandungan antikoagulan yang banyak. Zat antikoagulan pada bawang putih ini adalah salah satu zat yang bisa mengencerkan darah. Apabila pengenceran darah terjadi pada saat proses operasi, maka akan memicu terjadinya pendarahan yang banyak, karena darah menjadi encer.

Penyebab bau mulut

Efek samping bawang putih yang sudah pasti akan timbul adalah menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Bau mulut yang ditimbulkan disebabkan oleh aroma dari bawang putih yang sangat kuat dan berkarakter. Maka, setelah anda mengonsumsi bawang putih, bersegeralah untuk langsung menyikat dan membersihkan gigi dengan menggunakan pasta gigi, setelah itu anda bisa berkumur dengan obat kumur, agar aroma nafas anda kembali menjadi segar.

Nah itu tadi adalah beberapa informasi mengenai dampak atau efek samping apabila anda terlalu banyak makan bawang putih. Semoga informasi tersebut bisa membantu anda dalam menanggulangi dampak atau efek samping bawang putih.

Artikel Manfaat Khasiat ini dikenal, sbb :

ringan setelah konsumsi bawang putih -efek samping minyak bawang putih -efek samping bawang putih yg dimasak -efek samping bawang putih untuk boat menyembuhkan luka -efek samping bawang putih terhadap kulit -efek samping bawang putih cara menanggulangi -efek samping banyak makan bawang putih -efek bawang putih gosok ke kulit -apakah bawang putih bahaya untuk luka -www kesehatan selain opi kopi bawang putih apalagi ybg bisa sembuhkan luka basah bewrnanah com -

Tinggalkan Balasan