Ini Dia Manfaat Beras Merah Untuk Diabetes, Yuk Baca Disini!

Manfaat beras merah untuk diabetes banyak sekali. Beras merah memiliki perbedaan yang sangat besar dengan beras putih, yang pada umumnya lebih banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jika di dalam beras putih terdapat kandungan kolesterol dan lemak yang cukup banyak maka lain halnya dengan beras merah.

Kandungan kolesterol, lemak trans, natrium maupun gluten yang ada di dalam beras merah nol kadarnya. Yang terkandung di dalam beras merah adalah nutrisi-nutrisi baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, seperti kalium, vitamin B serta zat besi. Kandungan seratnya pun lebih baik dibandingkan beras putih.

Memang kalau dilihat dari segi rasa, beras putih memang masih di atas beras merah karena beras putih masih ada rasanya, masih jauh lebih enak dirasakan. Namun beras merah manfaatnya jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan beras putih. Terutama yang ada hubungannya dengan kesehatan anda.

Baca juga: Inilah Khasiat Daun Kelor untuk Asam Urat Yang Perlu Diketahui!

Manfaat yang paling jelas dari mengkonsumsi beras merah adalah jika anda gunakan untuk menurunkan berat badan. Manfaatnya juga akan lebih terasa jika beras merah untuk diabetes, dalam arti dipakai untuk mengobati sakit diabetes.

Manfaat beras merah untuk diabetes akan lebih besar karena kandungan glikemiknya yang rendah yang terdapat di dalam beras merah sangat dipercaya akan mampu membantu menaikkan lagi jumlah hormon insulinnya. Hormon insulin bisa ditingkatkan lagi produksinya.

Jadi di sini jelas sekali anda bisa melihat bahwa beras merah memang memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan anda. Dengan mengganti konsumsi beras putih ke beras merah maka kesehatan tubuh anda akan lebih terjaga. Bobot tubuh andapun akan bisa terjaga dengan baik. Akan lebih terasa lagi manfaatnya jika dipakainya beras merah untuk diabetes.

Manfaat Beras Merah Untuk Diabetes
Manfaat Beras Merah Untuk Diabetes

Baca juga: Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Wajib Anda Tahu

Apas Saja Manfaat Beras Merah Untuk Diabetes?

Beras merah merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sehat dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Alasannya karena beras merah memiliki indeks glikemik yang lebih rendah serta kandungan seratnya yang lebih tinggi dibandingkan beras putih. Kalau  kandungan seratnya tinggi maka kadar gula darah akan bisa  selalu stabil, tidak akan naik. Oleh karena itu beras merah pun merupakan salah satu makanan yang baik dikonsumsi pasien diabetes.

Manfaat beras merah untuk diabetes akan lebih berarti karena di dalam beras merah banyak sekali terkandung zat-zat baik yang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Di antaranya seperti zat besi, magnesium serta vitamin B.

Beras merah untuk diabetes memang sangatlah tepat karena di dalam beras merah terdapat kandungan anti oksidan yang tinggi. Kandungan anti oksidan yang ada di dalam beras merah salah satunya adalah antosianin. Kandungan antosianin ini bisa menangkal segala radikal bebas, bisa membuat kita terhindar dari segala jenis penyakit, termasuk di antaranya penyakit diabetes.

Kandungan kolesterol dan lemak yang ada di dalam beras merah kecil sekali, bahkan tidak ada. Oleh karena itulah beras merah ini sangat ampuh dikonsumsi oleh penderita diabetes supaya kadar gula darah yang ada di dalam tubuhnya bisa turun, bisa normal kembali dan untuk seterusnya bisa selalu stabil.

Bagi para penderita penyakit diabetes, beras merah ini bisa diolah dengan berbagai macam cara dengan tujuan supaya penyakitnya bisa sembuh. Salah satu caranya adalah dengan dimasak secara tradisional, dengan menggunakan dandang.

Kalau bagi pemula, bagi penderita penyakit diabetes yang baru pertama kali mencoba beras merah, karena belum terbiasa, konsumsi beras merahnya bisa dicampur sedikit dengan beras putih. Beras merah sebanyak 2/3 dicampur dengan 1/3 beras putih.

Keduanya dicuci bersih, ditanak atau direbus. Baru setelah itu dimasukkan ke dalam dandang. Dikukus hingga matang. Yang pertama kali direbus adalah beras merah. Beras putih mulai ikutan direbus setelah beras merahnya mulai mekar.

Supaya mendapatkan hasil yang lebih optimal beras merah ini sebaiknya dikonsumsi dengan bahan-bahan alami yang lain. Seperti buah alpukat yang segar sebanyak satu buah, ditambah dengan satu buah apel, kemudian ada rebusan dari 50 gram labu parang. Ketiganya dikonsumsi berbarengan dengan 20 gram beras merah selama kurang lebih satu bulan secara terus-menerus.

Manfaat beras merah untuk diabetes ini akan lebih terasa dan akan lebih berdaya guna dan memberikan hasil yang maksimal jika anda mengkonsumsinya secara rutin setiap hari tanpa jeda, tanpa diselingi oleh beras putih.

Artikel Manfaat Khasiat ini dikenal, sbb :

Simbol beras merah untuk obat rohani -

Tinggalkan Balasan