7 Manfaat Buah Timun Sebagai Obat Dan Merawat Kesehatan Tubuh Manusia

Mentimun adalah sejenis sayuran yang masuk ke keluarga tumbuhan seperti labu dan semangka (keluarga Cucurbitaceae). Kandungan air dalam sayuran mentimun sama dengan semangka, yang sebagian besar terdiri dari (95 persen) air, yang berarti mengonsumsi ketimun pada hari musim panas, dapat membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Di Indonesia sendiri, banyak ketimun dikonsumsi sebagai makanan yang tidak melalui proses pemanasan (dalam artian makan mentah), seperti salad atau sayuran lalapan. Banyak mengkonsumsi mentimun, bisa memberikan sifat yang baik bagi tubuh. Nah apa saja manfaat buah timun bagi kesehatan?

Namun sebelum membahas mengenai manfaat dan khasiat mentimun, sebaiknya ketahui dulu apa saja kandungan dari buah timun ini.

Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan Manusia
Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan Manusia

Informasi Nutrisi Buah Timun

Mentimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan natrium. Menurut USDA National Database Nutrition, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung:

  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)

Pada satu gelas kecil jus mentimun terdapat kandungan sangat dibutuhkan oleh tubuh sepertiĀ  11% vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat , kalsium, besi, fosfor, seng dan tembaga.

Apa Saja Khasiat dan Manfaat Buah Timun Bagi Kesehatan?

Manfaat mentimun bagi kesehatan sangat beragam. Mengkonsumsi mentimun akan meningkatkan asupan berbagai zat yang penting bagi tubuh. Berikut ini ulasan berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Melindungi Otak

Di dalam mentimun ada sejumlah zat yang disebut flavanols (fisetin), yang memiliki manfaat meningkatkan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada suatu penelitian dengan menggunakan media hewan tikus, diyakini kandungan fisetin pada mentimun ternyata mempu melindungi otak dari gangguan Alzheimer.

  1. Asupan antioksidan

Seperti halnya buah anggur, buah mentimun juga kaya dengan berbagai jenis antioksidan juga terdiri dari:

  • flavonoid
  • quercetin
  • apigenin
  • luteolin
  • kaempferol
  • termasuk vitamin C dan beta karoten

Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan mengurangi risiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

  1. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Mentimun mengandung 96% kandungan air lebih baik dari air biasa. Memakan ketimun, bisa menghindari dehidrasi dan tentu saja membantu menetralisir racun dalam tubuh.

  1. Manfaat Buah Timun Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan dalam jus mentimun dalam bentuk potasium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat sangat baik dikonsumsi untuk orang dengan darah tinggi atau rendah. Keseimbangan potasium di dalam dan di luar sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi daripada di luar sel) untuk menjalankan fungsinya. Ini termasuk interaksi zat melawan natrium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

  1. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Ketimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Buat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel di usus, yang membantu memperlambat pencernaan. Perut akan terasa kenyang lebih lama dan ini adalah salah satu alasannya, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

  1. Manfaat Buah Timun untuk Kesehatan Gigi dan Gusi

Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar ludah untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam dalam rongga mulut dan bakteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lainnya seperti pyorrea secara efektif dapat diobati dengan mentimun.

  1. Khasiat Mentimun Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Dalam mentimun ada dua komposisi dasar yang paling kaya yang ada, dan yang paling diperlukan untuk pencernaan, yaitu air dan serat yang sehat. Ketimun juga memiliki kandungan mineral sangat besar sehingga diyakini mampu membersihkan berbagai racun pada saluran pencernaan. Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu meningkatkan kebutuhan untuk buang air besar. Ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan lebih cepat untuk pencernaan yang sehat.

Kebanyakan makanan alami memang menyediakan beberapa nutrisi penting untuk tubuh, seperti mentimun ini. Jadi konsumsilah setiap jenis buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap tubuh. Mengkonsunsi mentimun juga tidak ada ruginya bukan karena selain tidak memiliki efek samping, mentimun ternyata bisa membuat tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga informasi mengenai khasiat dan manfaat buah timun ini dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dari Kami, sampai jumpa pada ulasan manfaat buah lainnya.

Tinggalkan Balasan