Sejuta Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes dan Penyakit Lainnya Yang Perlu Diketahui

Manfaat daun sirsak untuk diabetes merupakan salah satu khasiat dari banyaknya manfaat kesehatan dari daun sirsak. Daun sirsak berkhasiat untuk mengatasi diabetes, banyak mengandung khasiat yang sering ada di jamu, dan untuk menjaga kondisi tubuh.

Kandungan daun sirsak berguna untuk tubuh, bisa jadi obat untuk penyakit atau hanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat sirsak yang sangat mengejutkan adalah kemampuannya menyembuhkan kanker dan bisa juga sebagai tindakan pencegahan kanker. Daun sirsak mengandung zat anti kanker yang disebut Annonaceous acetogenin, yang bisa membunuh sel kanker tanpa mengganggu sel sehat lainnya di tubuh manusia.

Sirsak adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat. Termasuk manfaat daun sirsak untuk diabetes.  Buah yang sering digunakan oleh banyak orang untuk membuat jus, daun sirsak juga bisa sangat bermanfaat, terutama untuk diabetes.

Sejuta Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes
Khasiat danManfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Baca juga: Apa Khasiat Daun Sirsak? Betulkah Dapat Mengobati Kanker dan Penyakit Kronis Lainnya?

Efek dari mengonsumsi air rebusan daun sirsak biasanya perut akan terasa hangat / panas, dan tubuh berkeringat terus berlanjut, mirip dengan efek kemoteraphy. Yang harus Anda ingat bahwa obat ini adalah obat herbal, jadi efeknya tidak cepat sembuh atau efeknya tidak instan, yang berarti khasiat sirsak daun air rebus akan terlihat setelah minum rutin selama kurang lebih 3-4 minggu. Fungsi utama daun sirsak membunuh sel kanker pankreas, paru-paru, ginjal, payudara, prostat, usus besar, dan leukemia, sementara kegunaan lainnya adalah untuk menghilangkan radikal bebas, pengeringan sel kanker, menyembuhkan radang di tubuh, dan terutama untuk meningkatkan stamina.

Cara Pakai Daun Sirsak Untuk Sembuhkan Penyakit

Daun sirsak dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Baik penyakit dalam tubuh maupun luar tubuh. Lalu bagaimana cara pemakaiannya?

Anda bisa mengkonsumsi daun Sirsak sebagai Teh. Anda bisa menggunakan daun sirsak sebagai teh herbal jika Anda menginginkan minuman alami dan menyegarkan. Teh sirsak ini sangat penting untuk diminum jika Anda ingin melindungi diri dari segala jenis penyakit.  Berikut adalah langkah-langkah bagaimana membuat teh sirsak yang sehat.

  1. Rebus  secangkir air.
  2. Ambil sekitar 3 sampai 5 daun sirsak segar dan kering, cucilah hingga bersih. Potong daun sirsak dengan ukuran kecil-kecil.
  3. Ambil potongan daun sirsak itu, dan masukan ke dalam air mendidih, lalu tunggu sekitar 30 menit agar mendidih pada suhu sedang.
  4. Setelah 30 menit, saring tehnya. Teh sirsak yang panas dan sehat siap untuk disajikan.

Tambahkan gula atau madu jika anda tidak suka pahit. Jika Anda ingin menggunakan daun sirsak untuk pencegahan penyakit dan melindungi diri dari serangan penyakit, berikut caranya.

  1. Rebuslah sekitar 10 daun sirsak dalam 3 gelas air.
  2. Didihkan sampai secangkir air tersisa, saring daun sirsak, dan minuman ini siap disajikan. Konsumsilah dua kali sehari di pagi hari dan di malam hari.

Daun Sirsak juga bias menyembuhkan masalah eksternal seperti untuk menyembuhkan bisul, luka, rasa sakit yang disebabkan oleh arthritis, atau masalah eksternal lainnya. Anda bisa memilih daun sirsak dan kemudian Anda menumbuknya sampai menjadi halus. Setelah itu, Anda bisa menggosok daun sirsak tumbuk ke area tubuh yang terkena dengan bisul, luka, atau nyeri.

Baca juga: Cara Ampuh Menggunakan Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Aneka Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes dan Cara Mengatasi Diabetes Dengan Daun Sirsak

Untuk mendapatkan manfaat daun sirsak untuk diabetes maka Anda perlu mengetahui cara penggunaannya. Daun sirsak dapat mengatasi diabetes secara alami. Batasan kadar gula dalam darah normal berkisar antara 70 mg sampai 120 mg / dL. Daun sirsak diyakini cukup untuk mengurangi dan menstabilkan gula darah dalam kisaran normal.

Diabetes Mellitus atau yang sering dikenal dengan diabetes adalah penyakit dimana kondisi tubuh seseorang mengalami gangguan dalam mengendalikan kadar gula darah. Akibatnya, tingkat gula darah meningkat kronis atau hiperglikemia. Secara garis besar, Diabetes Mellitus dikelompokkan menjadi dua jenis: diabetes melitus tipe 1 dan tipe 2. Kebanyakan kasus diabetes mellitus tipe 2, ditemukan pada orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan karena gaya hidup tidak sehat. Sementara itu, tipe 1 banyak dipengaruhi oleh faktor keturunan, walaupun kontribusi faktor genetik terhadap risiko diabetes mellitus hanya 5%. Selain itu, ada gestational diabetes yang terjadi selama kehamilan. Berikut beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena diabetes melitus

  • Kegemukan / obesitas biasanya terjadi pada usia 40 tahun.
  • Salah satu molekul lemak, Trigliserida dalam kondisi tinggi.
  • Gaya hidup modern yang cenderung mengkonsumsi makanan instan atau fast food.
  • Terlalu banyak karbohidrat.
  • Faktor Keturunan.
  • Tekanan darah tinggi.
  • Kadar kolesterol tinggi.
  • Merokok dan stres.
  • Sel pankreas yang rusak.

Berdasarkan beberapa hasil penelitian daun sirsak mengandung alkaloid, flavonoid, saponin, steroid / triterpenoid dan asetogenin. Para ahli melaporkan terdapat manfaat daun sirsak untuk diabetes. Senyawa-senyawa dalam daun sirsak sangat bermanfaat menyetabilkan gula dalam darah.

Ya, daun sirsak memang lebih terkenal akan kemampuannya menyembuhkan kanker, namun baru-baru ini banyak peneliti yang menganalisa daun sirsak untuk diabetes. Studi tentang manfaat daun sirsak ke pasien atau penderita diabetes masih terbilang baru. Seorang ahli medis juga mengungkapkan, manfaat daun sirsak untuk pasien diabetes belum sepenuhnya diuji secara klinis. Namun beberapa penelitian medis berhasil menunjukkan ekstrak daun sirsak dapat memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang akan dapat menghasilkan fungsi insulin.

Penyakit diabetes dapat teratasi dengan mengonsumsi rutin air rebusan atau teh daun sirsak 2 kali sehari, di pagi dan sore sampai kadar gula darah anda kembali normal.

Nah itulah informasi seputar manfaat daun sirsak untuk diabetes. Semoga bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan