Manfaat Madu Untuk Kesehatan Yang Sangat Beragam

Manfaat madu untuk kesehatan ada banyak sekali. Madu merupakan cairan ajaib yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Madu sendiri ialah cairan berwarna coklat keemasan, dihasilkan dari nektar tanaman yang bercampur dengan saliva lebah dan kemudian disimpan di dalam sarangnya.

Madu tersusun atas glukosa, fruktosa dan air. Terdapat berbagai macam senyawa nutrisi yang terkandung dalam madu, seperti vitamin, protein dan mineral, termasuk kalsium, niasin, riboflavin, tembaga, zat besi, zinc, potassium serta magnesium. Madu juga mengandung asam fenolat dan flavanoid yang dapat berperan sebagai antioksidan. Nah apa saja khasiat dan manfaat madu untuk kesehatan serta bagaimana cara mengkonsumsinya? yuk simak ulasan ManfaatKhasiat.Info berikut ini …

Manfaat Madu Untuk Kesehatan yang Sangat Beragam
Manfaat Madu Untuk Kesehatan yang Sangat Beragam

Baca juga: 8 Khasiat Manfaat Madu dan Lemon serta Efek Sampingnya

Aneka Kegunaan dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Di bawah ini beberapa manfaat khasiat madu untuk menjaga kesehatan dan mengobati penyakit:

Meredakan Batuk

Batuk merupakan masalah yang terjadi pada sistem pernafasan dan bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu cara untuk mengatasi batuk adalah dengan mengkonsumsi madu secara teratur. Madu mengandung senyawa aktif anti-bakteri dan anti-viral yang bisa meredakan batuk. Hal itu telah dibuktikan oleh ilmuwan yang berasal dari Penn State College of Medicine melalui penelitiannya. Melalui penelitian tersebut, ditemukan bahwa madu bisa mengatasi masalah infeksi saluran pernafasan bagian atas apabila diberikan selama seminggu berturut-turut.

Jadi, apabila Anda atau keluarga mengalami batuk, konsumsi madu satu atau dua sendok sebelum dan setelah bangun tidur.

Meredakan Demam

Apabila kesehatan tubuh sedang terganggu, biasanya seseorang akan mengalami demam tinggi. Demam tersebut jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kejang atau komplikasi lain, terutama pada anak-anak. Ada berbagai cara untuk mengatasi demam, salah satunya dengan madu yang mengandung senyawa anti-inflamasi untuk meredakan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi satu sampai dua sendok madu bersama air hangat secara teratur untuk menurunkan demam.

Menyegarkan Nafas

Manfaat madu untuk kesehatan berikutnya adalah menyegarkan nafas. Dengan membiasakan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur madu secara rutin, Anda bisa menghilangkan bau nafas dan menyegarkan mulut. Hal itu dikarenakan madu mengandung senyawa anti-bakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab bau nafas dalam rongga mulut.

Meningkatkan Nafsu Makan

Masalah kehilangan selera makan biasanya dialami anak-anak. Tapi, tak jarang orang dewasa yang mengalaminya karena stress atau sedang sakit. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan manfaat madu untuk kesehatan tubuh yang mampu merangsang produksi hormon peningkat nafsu makan atau hormon ghrelin.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Madu dipercaya mampu merangsang pembentukan sel natural killer, sel limfosit B dan T serta sel-sel imun lainnya yang berfungsi untuk menangkal serangan penyakit. Selain itu, madu juga bisa merangsang produksi antibodi yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan dalam tubuh. Sehingga, dengan mengkonsumsi madu secara rutin bisa meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan penyakit.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Madu mengandung senyawa aktif serta antioksidan yang berperan penting untuk menurunkan kadar kolesterol. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, mengkonsumsi madu selama dua minggu berturut-turut bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah sampai 8%.

Baca juga: Inilah Manfaat Jambu Biji Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Mengkonsumsi Madu

Supaya tidak terjadi masalah ketika mengkonsumsi madu, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan Anda mengkonsumsi madu murni yang kualitasnya terpercaya. Jadi, sebelum membeli madu, cek label dan komposisinya. Madu asli atau murni umumnya hanya mengandung seratus persen madu, tanpa campuran apapun.

  2. Madu murni biasanya bertekstur kental dan apabila dituangkan ke dalam air akan menggumpal di bawah gelas atau tidak tercampur dengan air. Madu murni juga tidak lengket saat disentuh serta tidak membuat kertas basah dan berlubang bila diletakkan di atasnya.

  3. Hindari memberikan madu pada anak berusia di bawah satu tahun karena sistem kekebalan tubuhnya belum berfungsi dengan baik.

  4. Simpan madu di wadah yang tertutup rapat dan letakkan pada ruangan dengan suhu normal.

Madu bisa dikonsumsi untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari yang ringan hingga parah. Tak heran apabila banyak sirup atau minuman kesehatan yang mengandung madu, meskipun dengan kadar yang cukup sedikit. Cairan ini juga disebut-sebut sebagai pengobatan alami terbaik karena melimpahnya manfaat madu untuk kesehatan.

Nah itulah informasi seputar manfaat madu untuk kesehatan tubuh dan apa saja yang harus diperhatikan saat mengkonsumsi madu. Semoga ulasan khasiat minum madu bagi kesehatan di atas dapat bermanfaat ..

Tinggalkan Balasan