15 Manfaat Timun Untuk Kesehatan, Mulai Dari Menguruskan Hingga Melawan Kanker Loh!

Manfaat timun untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak. Selama ini timun biasanya dijadikan sebagai pelengkap untuk makanan seperti acar dan lalap. Timun sangat jarang dijadikan sebagai hidangan utama. Padahal, buah yang satu ini menyimpan banyak manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Timun mengandung 95% kadar air sehingga dapat membantu mencegah dehidrasi. Selain itu, timun juga banyak mengandung vitamin, salah satunya adalah vitamin C. Manfaat timun tidak hanya saat dimakan tetapi juga dapat digunakan untuk pemakaian luar di kulit. Nah apa saja manfaat timun bagi kesehatan? Simak ulasannya di ManfaatKhasiat.Info berikut ini …

15 Manfaat Timun Untuk Kesehatan
15 Manfaat Timun Untuk Kesehatan

Baca juga: 5 Manfaat Sayur Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Aneka Khasiat dan Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh

Berikut ini adalah 15 kegunaan dan khasiat mentimun yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan yang perlu diketahui, yaitu:

Menjaga Kesehatan Rambut dan Kulit

Buah mentimun bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit.Anda dapat menggunakannya untuk mengurangi iritasi kulit yang disebabkan oleh sengatan matahari. Caranya, gosokkan kulit timun ke bagian kulit yang mengalami iritasi. Timun mengandung silikon dan sulfur yang membantu pertumbuhan rambut. Irisan timun juga dapat membantu menghilangkan kantung mata.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat yang paling baik dari mengkonsumsi buah timun adalah membantu penderita diabetes menjaga kadar gula darah tetap stabil. Mengkonsumsi jus mentimun mampu meningkatkan hormon khusus yang dibutuhkan oleh sel – sel pancreas untuk memproduksi insulin.

Melawan Kanker

Timun mengandung pinoresinol, secoilariciresinol, dan lariciresinol. Ketiga kandungan lignan ini dapat membantu mengurangi resiko berbagai macam penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker ovarium, kanker rahim hingga kanker prostat.

Mengurangi Sakit Kepala

Manfaat timun untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengurangi sakit kepala. Mengunyah beberapa potong timun sebelum tidur dapat membantu meredakan sakit kepala saat bangun di pagi hari. Alasannya timun mengandung elektrolit dan vitamin B1 yang dapat menyuplai nutrisi penting untuk tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Di dalam buah timun terdapat kandungan sterol yaitu semacam senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Bagi Anda yang ingin menurunkan kolesterol, Anda dapat menjadikan mentimun sebagai camilan.

Mengontrol Tekanan Darah

Timun mengandung kalium, magnesium, dan serat yang efektif membantu mengatur tekanan darah. Dengan mengkonsumsi timun, tekanan darah akan lebih stabil sehingga tidak terlalu rendah maupun terlalu tinggi.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Timun adalah makanan rendah kalori yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan berlebih. Timun dapat dimasukkan ke dalam menu harian diet Anda sebagai camilan, salad, atau jus. Jus mentimun juga banyak mengandung serat dan nutrisi sehingga membantu memastikan tubuh mendapat nutrisi yang diperlukan.

Baca juga: Terungkap! Inilah Manfaat Sayur Okra Bagi Kesehatan

Meredakan Encok dan Nyeri Sendi

Buah timun adalah sumber silika yang diketahui dapat memperkuat jaringan sendi. Di dalam jus mentimun terdapat kandungan folat, kalsium, magnesium, potassium, dan vitamin A, B1, B6, C, dan D. Mengkonsumsi timun setiap hari dapat membantu mengatasi encok, nyeri sendi, dan menurunkan asam.

Mengeluarkan Racun

Mengkonsumsi jus timun secara rutin adalah cara yang baik untuk membuang racun di dalam tubuh. Timun juga diketahui dapat membersihkan racun di dalam ginjal. Dengan kata lain, timun adalah bahan alami untuk detoks.

Mempertajam Penglihatan

Adanya kandungan vitamin A di dalam buah timun membuat buah yang satu ini bermanfaat untuk kesehatan mata. Dengan demikian, penglihatan mata pun menjadi lebih tajam.

Kesehatan Ginjal

Mentimun mampu menjaga kesehatan kantung kemih dan ginjal. Hal ini karena kandungan air di dalam buah timun dapat membantu kinerja ginjal untuk memproduksi urin sehingga kinerja ginjal tidak terlalu berat.

Melancarkan Pencernaan

Selain banyak mengandung air, timun juga kaya akan serat. Serat tersebut terbukti mampu melancarkan pencernaan. Mengkonsumsi buah timun secara teratur akan membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti maag, gastritis, konstipasi atau perut mulas.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang terdapat di dalam buah mentimun memiliki peran meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, tubuh tidak mudah terkena penyakit karena perubahan cuaca maupun faktor lainnya. Banyaknya air yang terkandung di dalam mentimun juga dapat mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Sifat mentimun yang dingin dan kandungan serat di dalam buah ini mampu mengatasi masalah radang termasuk radang gusi. Mengkonsumsi buah mentimun dapat membantu meningkatkan produksi liur dan menetralkan asam dan basa di rongga mulut. Hasilnyamanfaat timun untuk kesehatan yang didapat adalah gusi dan gigi tidak mudah terserang oleh penyakit.

Nah itulah informasi seputar manfaat dan khasiat mentimun bagi kesehatan tubuh. Karena banyaknya manfaat kesehatan dari timun ini sudah sebaiknya Anda mulai memasukkan timun sebagai salah satu daftar menu sehat Anda. Semoga ulasan mengenai kegunaan dan manfaat timun untuk kesehatan di atas dapat bermanfaat …

Artikel Manfaat Khasiat ini dikenal, sbb :

Khasiat luarbiasa buah timun -tekap buah timun d mata -

Tinggalkan Balasan