Pengobatan Khasiat Madu Untuk Kesehatan dan Cara Mengobati Penyakit dengan Madu Alami

Alam Indonesia memang sangat kaya, setiap komponennya bisa dimanfaatkan untuk bahan pangan, atau bahkan untuk kesehatan. Tidak jarang jika banyak pengobatan herbal yang bisa ditemukan di Indonesia, salah satunya adalah pengobatan khasiat madu untuk kesehatan.

Madu memang sudah dikenal sejak lama sebagai salah satu bahan yang memberikan manfaat kesehatan. Sayangnya tidak semua manfaat dari madu ini diketahui oleh banyak orang. Biasanya madu hanya digunakan untuk meningkatkan stamina seseorang sehingga cukup sering diberikan pada anak-anak sehabis sakit untuk memulihkan tenaganya. Nah bagi Anda yang ingin tahu apa saja manfaat pengobatan madu alami lainnya, berikut ulasan ManfaatKhasiat.Info selengkapnya.

Pengobatan Peyakit dengan Madu Alami
Pengobatan Peyakit dengan Madu Alami

Baca juga: Menelisik Lebih Dalam Mengenai Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Aneka Pengobatan Khasiat Madu Untuk Kesehatan

Berikut ini adalah cara pengobatan alami menggunakan madu yang perlu Anda ketahui:

Anti batuk

Batuk adalah salah satu masalah kesehatan yang sangat menyebalkan. Batuk bisa terjadi pada siapa saja mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Penyakit ini memang bukan tergolong penyakit berbahaya yang secara langsung dapat menghilangkan nyawa, akan tetapi penyakit ini cukup sulit disembuhkan. Bahkan untuk orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah bisa jadi penyakit ini akan bertahan hingga kurun waktu berminggu-minggu. Bayangkan jika anda menggunakan obat kimia, tubuh anda akan mendapatkan asupan bahan kimia dalam jumlah yang besar bukan? Hal ini menyebakan pengobatan khasiat madu untuk kesehatan terutama untuk meredakan batuk bisa menjadi pilihan yang tepat.

Madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang satu ini. Selain alami juga penggunaannya lebih efektif untuk meredakan batuk. Hal ini disebabkan karena dalam madu terkandung senyawa aktif yang dapat berperan sebagai anti bakteri untuk tubuh kita. Hal ini juga sudah di buktukan melalui banyak penelitan kesehatan di luar negri. Untuk dosisnya, konsumsilah madu sebanyak 1 hingga 2 sendok makan sebelum dan setelah tidur. Hal ini akan membantu anda untuk mengurangi penderitaan gejala batuk baik saat tidur atau beraktivitas.

Mengatasi masalah gula pada penderita diabetes

Selain penyakit yang umum seperti batuk, madu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah yang lebih berbahaya lainnya. Salah satu masalah tersebut adalah masalah penyakit diabetes. Wah kok bisa? Ya, mungkin anda berpikir bahwa madu memiliki rasa yang manis sehingga memiliki kandungan gula yang sebisa mungkin harus dihindari penderita diabetes bukan?

Memang madu memiliki rasa yang manis, tapi gula yang dikandungnya merupakan gula dengan indeks glikemi yang rendah. Hal inilah yang menyebabkan konsumsi madu lebih dianjurkan daripada konsumsi gula. Bagi anda yang menderita sakit gula atau diabetes ini sebisa mungkin tekan konsumsi gula anda, jika anda tidak bisa minum tanpa rasa manis anda bisa memilih madu untuk penggantinya. Penggunaan madu untuk pengganti gula ini tidak hanya bisa digunakan sebagai pengobatan khasiat madu untuk kesehatan tapi juga untuk pencegahan. Artinya tidak hanya mereka yang memiliki penyakit diabetes saja yang dianjurkan untuk mengganti gula dengan madu. Tapi bagi anda yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes, sebaiknya juga mengganti gula yang anda konsumsi dengan menggunakan madu. Hal ini akan sangat membantu anda dalam mencegah penyakit itu muncul pada diri anda.

Kesehatan pencernaan

Satu lagi manfaat yang baik dari madu. Ia adalah manfaat untuk melindungi pencernaan. Madu merupakan sebuah bahan yang memiliki sifat anti bakteri sehingga dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati masalah-masalah kesehatan yang behubungan dengan bakteri. Tapi selain memiliki kandungan antibakteri, ternyata di dalam madu sendiri juga ada bakteri yang dikandungnya. Akan tetapi bakteri ini merupakan bakteri yang baik. Bakteri baik yang ada di dalam madu sangat penting perannya untuk kesehatan saluran cerna. Bakteri baik ini dapat melindungi tubuh dari masalah pencernaan yang disebabkan oleh bakteri seperti masalah diare. Oleh karena itu jika anda mengkonsumsinya secara rutin anda tidak akan pernah mengalami masalah diare ini.

Madu memang memiliki sangat banyak manfaat untuk kesehatan. Tiga poin yang disebutkan sebelumnya itu hanya merupakan 3 gambaran manfaat dari madu yang sangat besar. Tak heran kenapa pengobatan khasiat madu untuk kesehatan sudah digunakan sejak jaman nenek moyang dulu. Bahkan selain manfaat kesehatan anda juga bisa menemukan manfaat kecantikan dari madu. Baik itu untuk kulit atau untuk rambut. Tapi perhatikan satu hal ketika anda akan menggunakan pengobatan khasiat madu untuk kesehatan, pastikan madu yang anda akan konsumsi merupakan madu yang alami. Karena ada banyak madu yang saat ini dicampurkan dengan gula untuk meningkatkan rasa manisnya. Sehingga dapat menyebabkan peningkatan resiko penyakit diabetes.

Tinggalkan Balasan